0
PEREKONOMIAN LAMA DAN PEREKONOMIAN BARU
Posted by Unknown
on
07.55
in
STIKOM
PEREKONOMIAN LAMA DAN PEREKONOMIAN BARU
Perbandingan Ekonomi lama Vs Ekonomi Baru
Perekonomian Lama :
Perekonomian Lama :
- Diorganisasi berdasarkan unit produk
- Berfokus pada teransaksi yang menghasilkan laba
- Melihat terutama pada skor keuangan
- Berfokus pada pemegang saham
- Departemen pemasaran melakukan pemasaran
- Membangun merek melalui iklan
- Berfokus pada mendapatkan pelanggan
- Tidak ada ukuran kepuasan
- Janji Besar, Penyerahan kecil
- Diorganisasi berdasarkan segmen pelanggan
- Berfokus pada nilai masa hidup pelanggan
- Melihat juga pada skor pemasaran
- Berfokus pada stakeholder
- Setiap orang melakukan pemasaran
- Membangun merek melalui kinerja
- Berfokus pada mempertahankan pelanggan
- Mengukur tingkat kepuasan dan bertahannya pelanggan
- Janji kecil, Penyerahan besar
- Mereka membuat produk yang standart untuk menurunkan biaya.
- Tujuan mereka adalah terus menerus memperluas ukuran pasar mereka guna mencapai skala ekonomi.
- Sasarannya adalah efisiensi dan untuk mencapai sasaran itu perusahaan dikelola secara hierarkis, dengan seorang bos pada puncak mengeluarkan perintah kepada sejumlah manajer menengah, memandu para pekerja.
- Perekonomian baru didasarkan pada revolusi digital dan manajemen informasi, informasi memiliki sejumlah sifat :
- Dapat dideferensiasikan tanpa batas, disesuaikan dengan kebutuhan, dan dibuat pribadi.
- Melalui jaringan internet, dapat disampaikan kepada banyak orang, dan menjangkau dengan kecepatan tinggi.
- Dapat diakses oleh siapapun, orang akan mendapatkan informasi yang lebih baik dan mampu melakukan pilihan yang lebih baik.
tiket-pesawat-online.com
Menjalankan Bisnis Dalam Perekonomian Digital
Menjalankan bisnis dalam perekonomian digital berarti menggunakan sistem
berbasis Web di internet dan berbagai jaringan elektronik lainnya.
Pertama-tama akan dibahas konsep jaringan komputer dan kemudian akan
dibahas dampaknya pada cara perusahaan menjalankan bisnis.
Perusahaan apa pun yang melakukan fungsi bisnis (contohnya, membeli dan
menjual barang serta jasa, melayani pelanggan, berkolaborasi dengan
mitra bisnis) secara elektronik, agar dapat meningkatkan operasinya,
sebaiknya melakukan e-business atau e-commerce. Infrastruktur untuk e-business meliputi jaringan komputer (networked computing),
yang menghubungkan berbagai komputer serta alat elektronik lainnya
melalui jaringan telekomunikasi. Koneksi semacam ini memungkinkan
pengguna mengakses informasi yang disimpan di banyak tempat dan
berkomunikasi serta bekerja sama dengan satu sama lain, dari PC atau
laptop mereka. Komputer-komputer ini dapat dihubungkan ke lingkungan
jaringan global, yang disebut internet. Selain itu, banyak perusahaan menghubungkan intranetnya ke milik mitra bisnisnya melalui jaringan yang disebut dengan ekstranet. Koneksi
semacam ini biasanya dilakukan melalui sistem nirkabel sejak tahun
2000, makin banyak komunikasi dan kerja sama dilakukan melalui sistem
nirkabel.
Perekonomian Digital
Perekonomian digital adalah perekonomian yang didasarkan pada teknologi digital, termasuk jaringan komunikasi (internet,intranet, dan ekstranet),komputer, peranti lunak, serta berbagai teknologi terkait lainnya. Kadang juga disebut sebagaiekonomi internet, perekonomian baru, atau perekonomian web. Istilah
perekonomian digital juga mengacu pada pembaruan teknologi komputasi
dan komunikasi melalui Internet serta jaringan lainnya, hingga
menghasilkan aliran informasi dan teknologi yang menstimulasi
e-commerence serta perubahan luas organisasional. Pembauran ini
memungkinkan semua jenis informasi (data,audio,video, dan gambar)
disimpan, diproses, dan ditransmisikan melalui jarinagn ke berbagai
tujuan di seluruh dunia. Perekonomian digital telah membantu menciptakan
revolusi ekonomi, yang dibuktikan dengan adanya kinerja ekonomi yang
unik dan ekspansi ekonomi jangka panjang yang berjalan terus-menerus.
Model Bisnis dalam Perekonomian Digital
Internet telah merevolusi dasar-dasar nilai ekonomi, sosial, dan
teknologi dalam perekonomian lama. Berbagai lembaga kini mengembangkan
banyak model baru untuk bisnis, ekonomi dan pemerintahan.
Model Bisnis adalah metode menjalankan bisnis yang memungkinkan
perusahaan menghasilkan pendapatan untuk keberlanjutan dirinya. Model
tersebut menunjukan bagaimana perusahaan menambah nilai yang akan
bersedia dibayar oleh pelanggannnya, dalam hal ini barang/atau jasa yang
diproduksi perusahaan melalui operasinya.
Lima Contoh Model Bisnis di Era Digital, Yaitu :
- Sebutkan Sendiri Harga Anda, maksudnya memungkinkan pembeli untuk menyebutkan harga yang tersedia dibayarkan atas produk atau jasa tertentu.
- Menawar Dengan Menggunakan Lelang Terbalik, maksudnya dengan melalui harga penawaran pembeli akan memberitahukan keinginan untuk menerima penawaran untuk barang tertentu , dan penjual yang akan melakukan penawaran atas transaksi tersebut.
- Pemasaran Terafiliasi, maksudnya kesepakatan yang memungkinkan para mitra pemasaran menempatkan banner iklan untuk sebuah perusahaan di situs Web mereka.
- Pembelian Kelompok, maksudnya pesanan pembalian dari beberapa pembeli diagregasi , perusahaan kecil, atau bahkan individual, bisa mendapatkan diskon dan kemudian bernegosiasi untuk mendapatkan harga terbaik.
- Pasar Elektronik, maksudnya pasar tempat pembeli dan penjual menegosiasikan harga secara online.
Posting Komentar